Bangga Jadi Petani

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)

Selasa, 14 Mei 2013

BUDIDAYA MENTIMUN ATAU TIMUN ORGANIK dengan Teknologi Jimmy hantu

NAMA LATIN :Cucumis sativus
Nama inggris : Cucumber
Famili :CRUSIFEREAE
mentimun sehat
pak budi desa segayam

A. Cultivar 
- MISANO F1
B. Pengolahan lahan
persiapan penebaran pupuk dasar
- Tanah diolah dicangkul sedalam 30-35 cm ,dan taburkan pupuk kandang   serta dolomite dalam pencangkulan lahan agar merata.
- Setelah selesai pengadukan lahan dibentuk bendengan selebar 60 cm memanjang sampai 25-30 meter dengan jarak antar bedengan 120 cm.
- Sebelum penutupan mulsa lahan dibasahi dulu dengan air juga sem protkan bio fungisida dan bio insektisida pada lahan yang berfungsi untuk membunuh patogen,setelah itu lalu ditutup mulsa,untuk memper mudah penutupan lakukan pada saat matahari terik agar mulsa mudah dalam penarikan dan pemasangan.
- Setelah mulsa ter pasang diamkan lahan selama 2 minggu agar terjadi  pengomposan,lalu lubangi mulsa dengan jarak tanam 80 cm memanjang .
C. Penanaman
-   Penanaman dilakukan pada sore hari ,dengan cara benam kan secara tegak biji benih bagian yang runcing dibawah sedalam 3 cm,dengan jumlah biji perlubang 2 lalu disiram optimal,setelah 3 hari benih akan tumbuh  kepermukaan.
D.  Pemeliharaan

1.    Penyulaman dan Penjarangan
-       Penyulaman dilakukan sampai hari ke 15
-       Tanaman yang tidak baik dicabut
2.    Penyiangan

-       Penyiangan disesuaikan pada saat pemupukan di lubang tanam

3.    Pengajiran

-  Dilakukan pada hari ke 5-7 dengan bambu panjang 250 cm dengan cara ditegakan sedalam 10 cm dan dilanjutkan pemasangan tali bertingkat dengan jarak 20 cm antar tali sepanjang bedengan ber fungsi untuk mempermudah tanaman naik keatas(merambat)
4.    Perambatan

-       Tanaman timun pada umur 20 hari harus dibantu untuk perambatan ke ajir dengan cara mengikat longgar agar tanaman timun tidak rebah
-       Ini dilakukan sampai tanaman merambat baik
5.  Pemangkasan
-       Dilakukan pada daun tanaman yang terlalu lebat sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari
6.  Pemupukan 
pemupukan tanaman timun dengan poc
pupuk organik cair buatan sendiri
- pemupukan tambahan dengan cara disiramkan sebaiknya dilakukan  satu minggu sekali dengan dosis PUPUK HANTU  DAN JAGOTANI 1 liter/200 liter air PERBANDINGAN 750CC HANTU :250CC NPK JAGOTANI dilakukan 1 minggu sekali
- Dengan dosis 170 cc per batang
- untuk penyemprotan  dengan dosis 30cc/tangki 15 liter dengan perbandingan
awal sampai mulai ber bunga (1 -15 hari) 20 cc hantu+10 cc NPK jagotani ) 
- umur 16-24 = 20 cc NPK jagotani+ 20 cc PUPUK HANTU
- umur 25 sampai selesai panen = 30 cc PUPUK HANTU+20CC NPK JAGOTANI

7.    Penyiraman
-       Pada awal pertumbuhan penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari digenangi selam 15 menit, dan intensif pada masa pembunganan dan pembuahan setiap hari
mentimun organik dengan pupuk hantu dan npk jagotani
Ka UPT BP3K Gelumbang
-    Penyemprotan bio fungisida dan bio insektisida dilakukan seminggu sekali untuk perlindungan tanaman dan dapat dicampur dengan PUPUK HANTU  dan NPK JAGOTANI 30CC/TANGKI 15Liter
-   Untuk penendalian lalat buah dengan menggunakan atraktan euganol dengan perangkap
E. Panen dan pasca panen
mentimun hantu
hasil pupuk hantu


- Dengan cara diatas timun akan panen pada usia 32- 35 hari, dengan interval panen 1 hari sekali atau 2 hari 1 kali.
- Dengan cara pemisahan grade sesuai per mintaan pasar

            Dengan cara biasanya petani lakukan secara konvensional potensi hasil per gulung mulsa itu paling baik dengan modal yang besar 5 ton,sedangkan dengan cara organik potensi hasil pergulung mulsa  sampai 10 ton. Jadi budidaya secara organik pada sayuran mentimun sangat disarankan untuk dilakukan petani karena selain sehat juga dapat meningkatkan pendapatannya.
perawatan dengan pupuk hantu dan npk jagotani + mol
Pemakai Pupuk Hantu

Tambahan Alternatif Pemupukan tanaman timun:
Cara ini juga sudah kami lakukan ,umumnya petani sulit meninggalkan pupuk kimia:
Ramuan 1:
Campurkan pupuk organic pada drum ukuran 200 liter air + 0,5kg urea atau 1 kg Za  lalu diaduk Siramkan pada pangkal batang tanaman timun satu minggu 1 kali pada bulan pertama sampai umur 30 hari.
Ramuan 2:
200 liter air + organik 20 kg + urea 0,5 kg + sp36 0,5 kg + kcl 0,5 kg  dikocor 2 kali pada masa  pembungan dan pembuahan pada umur 31 sampai 44 hari
Setelah itu kembali ke ramuan 1 sampai habis masa panen, dengan cara ini agak lumayan hasilnya Cuma gak bisa menyamai yang organik. 
klo masih gak berhasil klik yang ini dijamin berhasil
 good luck semoga bermanfaat.

Perhatian

Bagi sahabat dumay yang menggunakan teks dan gambar didalam blog ini , mohon kiranya sahabat mencantumkan link blog ini ya , terima kasih atas perhatiannya dan semoga anda sukses .

Budidaya Tanaman Yang sering Dibaca Pengunjung

Buah Tanaman

//