Bangga Jadi Petani

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)

Senin, 10 Maret 2014

Penyakit Tanaman Akibat Unsur Hara Seng , Mangan , Klor dan Natrium

Seng (Zn)

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman biasanya mengandung beberapa ratus ppm seng. Beberapa tanaman mengandung Iebih dan 1.000 ppm yang ditanam dalam tanah yang kandungan seng tinggi. Orok-orok yang ditanam di tanah yang kandungannya seng rendah, hanya mengandung seng 8 ppm. Seng diperlukan untuk metabolisme protein dan produksi klorofil.

a. Kekurangan seng

Ada berberapa penyebab kekurangan seng di antaranya sebagai berikut:

Tanah secara umum memang tidak mengandung seng. ,Tanah asam dan tanah berpasir mengandung seng rendah sekali. ,Tanah kelebihan kapur, pH menjadi tinggi, dan kelarutan seng berkurang. Pemupukan fosfat berlebihan selama bertahun-tahun dapat menyebabkan kekurangan seng.

1) Gejala kekurangan seng

Gejala kekurangan seng pada tanaman jeruk dan jagung, yaitu tulang daun tengah dan pembuluh dalam daun berwarna hijau, tetapi di antara pembuluh-pembuluh berwarna putih. Daun menjadi menguning (klorosis). Selain itu, pucuknya kecil dan ranting mati(dieback) serta daun kecil sempit dan meruncinq Produksi buah jeruk menjadi berkurang dan berukuran Iebih keciI dan biasanya.Warna kulit buah lebih muda, bentuk buah tidak normal, dan kandungan vitamin C berkurang.

2) Pengendalian kekurangan seng

Penyemprotan dengan 0,5 gram ZnSO4. H20 (36% Zn)/Iiter air. Pemberian pupuk kandang atau kompos dalam jumlah yang cukup.

b.Kelebihan seng

Terlalu banyak memupuk dengan seng sulfat di dalam tanah dapat mengakibatkan kelebihan seng. Pemupukan yang baik yaitu dengan penyemprotan seng sulfat, tetapi konsentrasinya tidak berlehihan.
1) Akibat kelebihan seng Daun seperti terbakar, pucuk ranting mati, daun rontok, dan pucuk akar menjadi rusak.
2) Pengendalian Kelebihan seng dapat diatasi dengan penambahan kapur atau superfosfat.
Mangan (Mn)
Kandungan mangan di dalam tubuh tanaman bervariasi, tergantung ketersediaan mangan dalam tanah. Mangan berfungsi dalam perkembangan klorofil dan dalam sistim enzim tanaman. Mangan mempunyal beberapa valensi sehingga mangan mungkin sebagai koenzim logam atau sebagai bagian molekul organik. Seperti besi, mangan relative tidak bergerak dalam tanaman. Antara mangan dan besi seperti ada bentuk persaingan kedua unsur tersebut. Gejala keracunan besi ada kesesuaian dengan gejala kekurangan mangan dan sebaliknya.

a. Kekurangan mangan

Pertama kali gejala yang terlihat pada daun yang Iebih muda. Gejala kelihatan klorosis antara tulang-tulang daun dan agaknya menyerupai klorosis
besi, tetapi tulang daun masih hijau. Kekurangan Mn tidak mempengaruhi besarnya daun, sedangkan kekurangan Zn dapat mengurangi besarnya daun.

1) Penyebab kekurangan mangan

Kekurangan mangan terjadi pada tanah basa. Jika pH Iebih dan 6,5, kelarutan mangan oksida berkurang sehingga sulit diserap akar tana man. Unsur hara mangan sudah habis tercuci atau memang tidak ada. Tanah yang kekurangan fosfat dan tanah berpasir banyak mengandung bahan organik.

2) Pengendalian kekurangan mangan

Penyemprotan dengan 1 g mangan sulfat (MnSO4 .2H20) yang dilarutkan dalam 1 liter air atau 2 g mangan sulfat dicampur denqan 1 g kapur hidroksida (C,i(OH)2) dalam 1 liter air.
Mangan sulfat dapat juga digunakan sebagai pupuk pada tanah organik atau tanah yang tercuci. Pemupukan mangan sulfat pada tanah alkalis biasariya tidak berhasil sebab kelarutan mangan dalam keadaan alkalis berkurang.
 
Umumnya pupuk kandang, kompos, dan pupuk organik mengandung cukup mangan untuk mencegah kekurangan Mn jika selalu digunakan secara teratur. Mangan dalam pupuk organik akan lama tersedia dalam tanah alkali daripada menggunakan mangan sulfat.
 
b. Kelebihan mangan

Ada beberapa gejala yang timbul akibat kelebihan mangan yaitu sebagai berikut:
Kelebihan Mn terjadi pada tanah yang sangat asam atau tanah yang terlalu banyak dipupuk dengan pupuk amonium sulfat. Jika terlalu banyak mangan, terjadi keracunan atau dapat menghalangi unsur hara yang lain. Tanaman jeruk yang kelebihan Mn daunnya kelihatan menguning, tetapi bagian tengah daun masih hijau. Kadang juga terjadi nekrosis (bercak-bercak mati) pada daun atau pada ranting atau batang. Pengendalian kelebihan Mn dengan cara tanah ditabur kapur atau magnesium. Tujuannya untuk mengurangi keasaman tanah.

KIor(CI)

Klor (CI) hampir terdapat di semua jenis tanah dalam bentuk klorida. Awalnya, klor dikira unsur yang hanya diperlukan binatang, tidak diperlukan tanaman. Sekarang sudah ada bukti-bukti bahwa klor dan natrium (Na) diperlukan untuk binatang dan tanaman. Kedua unsur hara tersebut diperlukan tanaman sebagai unsur hara mikro, sedangkan untuk binatang diperlukan sebagai unsur hara makro. Tanaman biasanya mengandung cukup klor dan natrium (sodium). Walaupun sedikit, jumLah Na dan CI dalam tanah cukup memenuhi keperluan tanaman. Klor diperlukan untuk pertumbuhan tanaman tomat dan beberapa tanaman Iainnya dan mungkin hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit.
Klor juga berasal dari udara yang jatuh bersama air hujan dan salju dan bermacam-macam pupuk yang mengndaung klorida. Peranan klor dalam nutrisi tanamari tidak begitu jelas. Namun, klor rnempunyai pengaruh menyerupai belerang membantu dalam absorbsi unsur-unsur penting Iainnya. Klor yang digunakan dalam jumlah besar bisa beracun.

Natrium atau sodium (Na)

Natrium belum begitu banyak diketahui pentingnya terhadap tanaman. Bahkan, Na sering kali dianggap racun tanaman. Sodium dengan konsentrasi terlalu tinggi akan meracuni tanaman. Namun,jika jumlahnya sedikit, Na mempunyai efek yang menguntungkan terhadap tanaman. Reaksi terhadap penggunaan sodium kiorida (garam dapur) akan lebih baik jika drainase baik dan pada musim hujan. Tanaman kelapa sangat tahan terhadap Na dengan derajat salinitas (kadar garam) sampai 0,6%. Padahal, kandungan tersebut dapat mematikan tanaman yang lainnya. Sodium pun sedikit banyak dapat mengganti kalium jika kekurangan kalium.

Perhatian

Bagi sahabat dumay yang menggunakan teks dan gambar didalam blog ini , mohon kiranya sahabat mencantumkan link blog ini ya , terima kasih atas perhatiannya dan semoga anda sukses .

Budidaya Tanaman Yang sering Dibaca Pengunjung

Buah Tanaman

//