Bangga Jadi Petani

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)

Selasa, 04 Februari 2014

Mal Nutrisi unsur hara Mikro Boron dan Mobliden


Unsur hara mikro Boron(Bo)
daun tanaman yang normal biasanya mengandung boron antara 25-100 ppm kebutuhan per hectare jangan lebih dari 6 kg karena akan menyebabkan keracunan tanaman.Alfalfa adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai indikator yang baik untuk kekurangan boron.Boron tidak dapat berpindah dari daun tua ke bagian daun lainnya.Gejala umum terlihat pada daun muda yang menguning. 
Gejala kekurangan boron:
  • tanaman peka atau sensistif terhadap hama dan penyakit
  • pada tanaman bijian tidak terbentuk biji ,pada kacang tidak terbentuk bintil akar
  • calon tunas banyak tapi mati
  • ujung daun muda kuning sampai agak unggu,bentuk daun tidak normal.Daun dewasa berwarna hijau sedang daun tua menebal dan rapuh juga kusam
  • warna daun menjadi hijau muda hingga hijau kekuningan
  • bentuk buah tidak baik ada luka luar dan dalam , buah banyak rontok
  • pada batang kol berlubang 
  •  
Unsur hara mikro Moblyden(Mo)
unsur ini digunakan sangat kecil atau terkecil oleh tanaman.sifat kimia Mo menyerupai fosfor,mineral fosfat mengandung mobliden sebagai ketidakmurniannya berbentuk senyawa MoO4,kelarutan akan bertambah jika ph naik,ini biasanya ter jadi pada tanah asam atau gambut dan tanah berpasir yang mengandung Mn dan Sulfat.Mo diperlukan untuk simbiose mutualis dalam pengikatan nitrogen dari udara dan reduksi nitrat menjadi bentuk amino . 
Gejala kekurangan Mo: 
Kekurangan Mo menyebabkan kekurangan Nitrogen dalam daun,gejalanya menyerupai kekurangan nitrogen
menyebabkan datangnya penyakit ekor cambuk pada tanaman dan juga penyakit bercak kuning hingga klorosis. Bersambung...........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatian

Bagi sahabat dumay yang menggunakan teks dan gambar didalam blog ini , mohon kiranya sahabat mencantumkan link blog ini ya , terima kasih atas perhatiannya dan semoga anda sukses .

Budidaya Tanaman Yang sering Dibaca Pengunjung

Buah Tanaman

//