Bangga Jadi Petani

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)

Rabu, 03 Juli 2013

BUDIDAYA KACANG PANJANG dengan TEKNOLOGI JIMMY HANTU

tanaman kacang panjang eks lahan mentimun
KACANG PANJANG
Nama Latin:
Vigna unguilata
Nama Inggris: Yard Long Beans
Famili : LEGUMINOCEAE


1. Cultivar
KANTON , KATRINA , BORNEO DLL.

2. Pembenihan
Jika Biji yang diperoleh dari benih turunan tanaman sendiri dijemur sampai kering  dengan sinar matahari. 

3. Pengolahan Tanah

Penggemburan
Tanah yang akan ditanami sebelumnya dibersihkan dulu dari gulma. Penggemburan tanah dilakukan dengan cara membalik dan menghancurkan bongkahan tanah menjadi butir-butir yang lebih kecil. Tanah dicangkul dengan kedalaman 20-30 cm. Tanah tersebut dibiarkan 3-4 hari. Pembuatan bedengan Tanah tersebut dibuat bedengan yang lebarnya 80-100 cm. Diantara bedengan dibuat saluran drainase dengan lebar 30 cm. panjang bedengan disesuaikan dengan lahan. 

Pengapuran
Pengapuran hanya dilakukan jika tanah bereaksi terlalu masam. Derajat kemasaman yang sesuai untuk kacang panjang sekitar 5.5 - 6.5. Cara pengapuran yaitu dengan menaburkan kapur secara merata ke seluruh lahan. Tanah dibiarkan selama 2-3 minggu hingga siap ditanami. 

4. Penanaman
Sebelum penanaman ada baiknya biji direndam dengan LARUTAN PUPUK HANTU 2cc /liter selama 10 menit lalu tiriskan dan siap ditanam. Waktu tanam Penanaman kacang panjang sebaiknya dilakukan pada awal dan akhir musim hujan atau jika ketersediaan air dan akan dilakukan penyiraman menanam kacang panjang bisa ditanam sepanjang musim.Cara penanaman Benih kacang panjang dapat langsung ditanam dibedengan tanpa disemaikan terlebih dulu.Penanaman dilakukan dengan membuat lubang tanam. Kedalaman lubang tanam sekitar 4-5 cm.jarak antar lubang tanam sekitar 25-30 cm, dan antar barisan 60-75 cm.Pada tiap lubang tanam dimasukkan 2 butir benih,lalu ditutup dengan tanah tipis-tipis jangan terlalu dalam , karena tanaman berkeping dua membutuhkan tenaga untuk keluar dari tanah.

5. Pemeliharaan

Penyulaman
Kegiatan penyulaman dilakukan seminggu setelah penanaman. 

Penyiraman
Penyiraman dilakukan pagi dan sore . 

Penyiangan
Penyiangan dilakukan 3 dan 6 MST. Bersamaan dengan penyiangan ini dilakukan pendangiran,kalau pakai mulsa cukup dicabut rumput sekitar lubang tanaman dengan tujuan agar tanah menjadi gembur kembali. 

Pemupukan
Perkiraan dosis dan waktu aplikasi pemupukan . Pupuk urea tidak diberikan sekaligus, tetapi dilakukan 2 tahap. Setengan dosis pada saat tanam dan Sisanya diberikan pada saat tanaman berumur 3 MST. Pupuk TSP dan KCl diberikan seluruhnya pada saat penanaman. Pemberian pupuk diberikan pada tanaman dengan cara membuat lubang, kira-kira 5-7 cm di sisi barisan benih. gunakan selalu pupuk organik agar tanaman anda maksimal produksinya.

 Rekomendasi Pupuk untuk Kacang Panjang pada Tanah Mineral dengan Tingkat
Kandungan P dan K Sedang (Maynard and Hocmuth, 1999)
Umur           Urea       ZA            SP36       KCl Target     pH 6,5
                               Kg/ha/musim tanam
Preplant       112       250              90
3MST           112        90 

MST = Minggu Setelah Tanam 
PLUS : penggunaan pupuk hantu dan npk jagotani
- Penyemprotan dilakukan pada hari :ke 7 , 14 ,21,28 35 , seterusnya interval 7 hari 1 kali
- dosis 30 cc PUPUK HANTU + 10 CC NPK JAGOTANI PER 15 LITER AIR  
- DIsiramkan dosis 1liter PUPUK HANTU +100 CC NPK JAGOTANI PER 200 LITER AIR
UNTUK 1000 TANAMAN ,PER POHON 170 CC cara ini berdasarkan data petani desa segayam yang mempunyai keunggulan panjangnya umur tanaman ,dan meningkatkan produksi ,dll

Pemasangan AJIR
Untuk menghasilkan produksi yang tinggi perlu diberikan ajir untuk merambatkan tanaman. Sebagai ajir dapat digunakan batang kayu atau belahan bambu yang panjangnya 150-200 cm dan lebarnya 2-3 cm. pemasangan ajir dilakukan pada setiap tanaman setelah berumur 2 minggu atau mencapai tinggi kira-kira 25 cm.

Pemangkasan
Pemangkasan pucuk cabang dilakukan satu kali sebelum tanaman berbunga, yakni pada umur sekitar 3-4 MST. Caranya adalah dengan memotong pucuk sekitar 2-3 ruas. jika mau di pangkas.
Pengendalian hama dan penyakit 
cara yang baik dengan PHT, silahkan anda pilih, kimia atau organik BISA 

6. Panen
Umur panen Tanaman kacang panjang mulai berbunga pada umur 30 hari. Pada umumnya pemanenan polong muda kacang panjang pertama kali dapat dilakukan setelah tanaman berumur 45 hari.Polong muda kacang panjang sudah dapat dipanen sesudah terisi penuh dan warna polongnya hijau merata sampai hijau keputihan tergantung permintaan pasar dan jenis biji yang ditanam. Cara panen Pemanenan kacang panjang dengan cara dipetik. 

silahkan dicoba dan buktikan sendiri .

Perhatian

Bagi sahabat dumay yang menggunakan teks dan gambar didalam blog ini , mohon kiranya sahabat mencantumkan link blog ini ya , terima kasih atas perhatiannya dan semoga anda sukses .

Budidaya Tanaman Yang sering Dibaca Pengunjung

Buah Tanaman

//