Bangga Jadi Petani

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552)

Rabu, 08 Mei 2013

Kalsium---Unsur Dasar Untuk Kesehatan Tulang


Kalsium adalah salah satu nutrisi tubuh, merupakan unsur penting pembentuk tulang. Kehilangan dan kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis sehingga tulang menjadi rapuh. Kondisi seperti ini banyak dialami oleh orang dewasa dan wanita menopause.
Penelitian menunjukkan bahwa kehilangan kalsium yang terjadi pada pria dewasa juga sangat tinggi. Dan ini mempengaruhi kesehatan. Bayi dan anak-anak juga mengalami hambatan pertumbuhan saat kekurangan kalsium.
Kalsium sangat sangat penting bagi tulang, namun yang lebih membutuhkan kalsium adalah darah. Kalsium banyak tersebar di tulang dan gigi (sekitar 99%), sisanya 1% tersebar dalam cairan darah, cairan antar sel dan jaringan lunak.
Ketika kalsium masuk ke tubuh, terlebih dahulu akan melengkapi kebutuhan kalisum di carian darah guna memacu sirkulasi darah dan sisanya baru dimanfaatkan oleh tulang dan gigi.

Saat jumlah kalsium dalam darah kurang, tubuh secara otomatis menarik kalsium dari tulang. Inilah kondisi yang sering dialami sebagian orang di mana kadar kalsium dalam darahnya normal tetapi tetap menderita penyakit tulang dan sendi.

 WAKTU YANG BAIK MENGKONSUMSI CALCIUM:
 
Sebelum tidur atau 1 jam setelah makan
1 jam sebelum tidur : waktu penyerapan kalsium terbanyak oleh tulang dan sendi terjadi di malam hari. Konsumsi kalsium 1 jam sebelum tidur selain untuk memenuhi kebutuhan kalsium juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, asma, empisema.
1 jam setelah makan : kalsium yang masuk ke dalam tubuh membutuhkan bantuan asam lambung untuk menguraikannya. Asam lambung selain membantu menguraikan kalsium juga dapat menetralkan asam pada produk kalsium.
TO BE CONTINUE.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perhatian

Bagi sahabat dumay yang menggunakan teks dan gambar didalam blog ini , mohon kiranya sahabat mencantumkan link blog ini ya , terima kasih atas perhatiannya dan semoga anda sukses .

Budidaya Tanaman Yang sering Dibaca Pengunjung

Buah Tanaman

//